Rakornis Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Kominkasi Informatika Se-Aceh

Rabu, 19 Juli 2017 Government

Oleh pengawasan

Banda Aceh - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh Marwan Nusuf, B. HSc, MA membuka acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi Informatika se-Aceh Tahun 2017 di Hotel Grand Nanggroe Aceh Kota Banda Aceh, Selasa (18 Juli 2017).

Turut hadir dalam acara tersebut Bambang Dwi Anggono selaku dari Kementrian Kominfo RI, Bappeda Aceh selaku pemateri, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Aceh serta jajarannya dan Pejabat Eselon 3 dan Eselon 4 di Lingkungan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh.

Marwan Nusuf, B. HSc, MA  selaku Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh dalam sambutannya menyampaikan urusan pemerintahan bidang kominfo merupakan urusan pemerintahan konkuren yang bersifat wajib karena terkait dengan pelayanan publik, sehingga masyarakat harus mendapatkan layanan informasi yang bermanfaat baik berupa data maupun informasi, tetapi hal tersebut belum dapat kita akomodasi secara optimal sehingga diperlukan sebuah institusi pusat data yang dapat mengelola data maupun informasi dengan harapan kedepan kominfo sebagai Pusat Data dan Informasi (Information and Data Centre) bagi yang memerlukan.

Pusat data dan informasi sebagai bank data diharapkan mampu menjembatani semua SKPD sebagai sumber data masing-masing SKPD. sehingga peran Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Aceh sebagai penyedia data dan informasi dapat terwujud secara optimal.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh mengajak seluruh Kominfo Kab/Kota dapat memperhatikan beberapa hal diantaranya:

  1. Adanya pemahaman dan persepsi yang sama dalam pembangunan kominfo dengan segala permasalahan yang ada guna mensinergikan program kegiatan kominfo antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota.
  2. Meningkatkan peran dan fungsi kominfo di daerah sebagai pusat data dan informasi dalam melaksanakan pelayanan publik.
  3. Agar selalu mengupdate konten data kabupaten/kota maupun SKPD dengan memberdayakan SDM yang handal yang ada di masing-masing SKPD.

Acara Rakornis TIK dilaksanakan selama 2 (dua) hari dengan dihadiri 23 Kabupaten/Kota, Rakornis TIK 2017 merupakan ajang silaturahmi Kominfo se-Aceh dan dapat melakukan koordinasi antara Provinsi dan Kabupaten/Kota sehingga pengembangan dan pembangunan TIK di Kabupaten/Kota dapat berjalan sinergi dalam peningkatan layanan e-Government kepada publik. (SKI)